Daarussalaam Sangatta Ajak Orangtua Siswa Hadapi Zaman Gadget dan Kecanduan Game

Menghadapi kemajuan teknologi dan segala dampak resikonya, Sekolah Islam Terpadu (SIT) Daarussalaam Sangatta mengajak orang tua siswa untuk lebih pandai bersikap. Gadget yang sudah menjadi bagian dari hidup era modern, harus dihadapi dengan bijak untuk tetap memajukan pendidikan anak.

Dalam webinar parenting school lanjutan, SIT Daarussalaam melibatkan pembicara nasional,CEO Rumah Konseling yang juga dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia, Ustaz Muhammad Iqbal, Pb.D sebagai pemateri utama, pada Jumat (6/3/21) pukul 09.00 Wita.

Kegiatan diikuti sejumlah orang tua siswa dari SMPIT Daarussalaam Sangatta kelas VII – IX. Dengan tema “Remaja Kecanduan Gadget & Game: Apa Solusinya ?”, para ibu yang menjadi peserta tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam penyampaian materinya, Ustaz Iqbal menjelaskan, bahwa gadget saat ini memang sudah menjadi kebutuhan manusia era modern, dan hal itu tak dapat dielakkan. Apalagi, pola pembelajaran di masa pandemi covid-19 ini juga mengharuskan siswa sekolah untuk belajar secara daring, dan tentu akan menggunakan gadget.

Dalam kesehariannya, lanjut dia, kebanyakan anak-anak ada yang diberikan kepercayaan oleh orang tua untuk memiliki gadget dengan berbagai alasan. Baik alasan belajar, alasan komunikasi, maupun lainnya. Namun atas dasar itu, anak juga akan memiliki akses untuk menikmati dunia maya melalui gadget.

Dalam hal itu juga, anak akan mengakses game berbasis android. Apalagi, tren saat ini di kalangan anak-anak adalah game android yang bisa dimainkan secara bersama-sama

Ustaz Iqbal mengajak, agar orang tua siswa mampu menyesuaikan diri, sekaligus mampu memberi edukasi tentang kegunaan gadget. Memberi contoh penggunaan gadget untuk kemanfaatan yang lebih luas, serta mengontrol anak ketika memegang gadget. (*)

SOURCE : Penulis : Raymond ChoudaHalokaltim.com